diet sehat makanan mentah
Menu Diet yang satu ini patut dicoba, apalagi belakangan ini semakin booming di Indonesia. Diet dengan menu makanan mentah begitu polpuler akhir-akhir ini. Adalah para artis dari negeri Paman Sam Tren yang pada awalnya sukses menjalani Diet dengan makanan mentah atau lebih terkenal dengan istilah Raw Food Diet. Diantara selebriti holywood yang telah berhasil menjalani diet ini adalah Natalie Portman, Lisa Bonet, Alicia Silverstone, Sting, hingga Cher. Di kalangan pesohor di Indonesia yang sudah mencoba diet makanan mentah misalnya vokalis band Jikustik Pongky Barata beserta sang isteri Sophie. Sophie melakukan diet makanan mentah sejak hampir 2 tahun lalu, meskipun sebelumnya juga sering menyantap sayur dalam keadaan mentah tanpa dimasak. Menurutnya makanan yang dimasak pada zaman sekarang ini cenderung kurang sehat karena pengaruh udara yang tercemar, dan bumbu-bumbu dengan bahan kimia yang kurang baik untuk tubuh.

Arturri Virtanen seorang dari Finladia memperkenalkannya pertama kali. Ia mengungkapkan bahwa saat makanan mentah dikunyah, beberapa enzim yang terdapat di dalam makanan tersebut akan dilepaskan ke mulut. Enzim tersebut akan membantu mencerna makanan bersama-sama dengan enzim lain yang diproduksi tubuh manusia.

Bolehkan Mengolah Makanan Mentah?

Di dallam buku "Awakening Our Self-Healing Body", Arthur M, Baker, MA, MHE menjelaskan, diet makanan mentah tidak memperkenankan untuk memasak makanan dengan pemanasan lebih dari 46 °C, karena dapat mengakibatkan hilangnya enzim makanan, bahkan dalam kondisi tertentu dapat membahayakan bagi tubuh.

Lain lagi pendapat yang dikutip oleh FitSugar, dalam melakukan diet sehat dengan makanan mentah ini, minimal 75 persen makanan tidak boleh dimasak. Sebab diet ini mengharuskan konsumsi makanan mentah, dan hanya boleh diolah seminimal mungkin dan akan lebih baik bila dipilih dari bahan makanan organik.

Disiplin Dalam Menjalani Diet

Awalnya menjalani diet ini memang akan sulit. Oleh karena ini bila anda berencana melakukan diet ini lebih bijak bila dilakukan secara perlahan dan bertahap, jangan langsung menghentikan memakan makanan matang. Lakukan saja dengan perlahan supaya tubuh terbiasa. Anda bisa memulai diet dengan memvariasikan jenis makanan yang Anda makan.

Latihan

Cobalah berlatih setidaknya selama seminggu. Pada 3 hari pertama cobalah untuk menyantap salad, dan menghindari mengkonsumsi makanan dari bahan gandum seperti mi dan roti. Bila berhasil coba tingkatkan kualitasnya hingga beberapa bulan, jika berhasil melakukan itu berarti Anda telah siap menjadi raw foodist.
Konsultasi dengan ahli kesehatan sanga dianjurkan untuk menyesuaikan kondisi tubuh anda dengan  tips diet ini. Ini diperlukan agar anda mengetahui secara tepat makanan mentah apa saja yang harus Anda makan, dan apa yang tidak boleh dikonsumsi.
Diet makanan mentah ini hanya salah satu metode diet yang mungkin cocok untuk anda, bila anda merasa berat, Anda bisa memilih metode diet sehat lain. Apapun pilihan anda, disiplinlah dalam menjalaninya. Semoga Diet anda berhasil