Menu Diet
Perhatikanlah Menu diet makanan anda jika anda berniat melakukan diet secara sehat. Jika anda sudah serius untuk menjalankan program diet maka ada baiknya program tersebut sudah anda susun secara baik. Salah satu program diet yang umum dilakukan adalah dengan pengaturan menu diet untuk makan sehari-hari, disamping olah raga yang teratur dan pola hidup yang sehat.

Menu diet yang sehat pada pokoknya adalah membatasi konsumsi makanan dengan kadar kalori tinggi dan memiliki kandungan lemak yang tinggi pula. Konsumsi makanan tersebut harus  anda batasi dan banyaklah mengkonsumsi  makanan-makanan berserat serta kaya akan protein. Makanan dengan kadar serat yang tinggi akan lebih lama untuk dicerna dalam lambung sehingga dengan mengkonsumsinya maka rasa lapar anda akan lebih lama tertunda . Hal ini adalah akibat dari manfaat serat yang dapat memperlambat konsentrasi insulin. Di dalam darah kelebihan serum insulin dapat memicu rasa lapar lebih cepat. Jadi anda sekarang mengerti  orang yang diet menunya harus mengkonsumsi makanan berserat? Jawabnya  Supaya tidak cepat merasakan lapar!.

Anda juga perlu memperhatikan menu diet anda pada setiap watu tertentu, ada baiknya menu yang anda santap menyesuaikan dengan watu makan anda.

Pada pagi hari anda bisa sarapan mengkonsumsi sayur-sayuran,  Beragam sayuran memiliki nilai kalori rendah dan dapat membuat anda cukup merasa kenyang sampai siang hari. Sayur-sayuran juga memberi aroma terapi karena memiliki cita rasa yang khas. Sehingga meskipun sarapan pagi anda lebih banyak memakan Sayuran, tapi akan dapat menikmatinya dengan menyenangkan.

Konsumsi roti pada pagi hari harus mulai dikurangi karena kandungan karbohidratnya yang lumaan tinggi, Anda bisa menggantinya dengan menikmati buah-buahan segar seperti melon, apel, atau pisang.
Keberhasilan diet akan sangat tergantung kepada kemampuan anda dalam mengontrol nafsu makan anda. Saat makan siang kurangi makanan berat berkarbohidrat tinggi dan berkalori tinggi, kurangi mengkonsumsi nasi, mi, roti dan sejenisnya dan gantilah dengan mengkonsumsi  buah-buahan segar atau pun sayuran. Bila anda membutuhkan variasi makanan lain anda boleh mencicipi kacang-kacangan yang rendah kalori.

Ikan merupakan sumber protein, selain itu juga memiliki kandungan omega 3, sangat bijak untuk memilih ikan sebagai menu diet anda di malam hari. Kandungan Omega 3 pada ikan juga berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel tubuh  serta perkambangan otak. Sayur atau buah buahan dapat dipilih sebagai makanan pendamping dengan porsi yang cukup. Kebutuhan kalori pada siang dan malam hari berbeda, pada malam hari anda tidak memerlukan makanan berkalori tinggi sebab aktifitas sedikit sehingga perubahan kalori menjadi energi sulit diproses dalam tubuh.

Nah sekarang anda sudah mengerti bahwa menjalani diet tidak berarti anda berlemas-lemas kelaparan karena sedikit makan. Diet yang sehat lebih fokus pada memilih menu diet sehari-hari dengan menghindari makanan berkalori tinggi dan memilih makanan berserat dan makanan dengan kadar protein tinggi.
Berikut ini adalah jenis jenis makanan yang layak untuk anda konsumsi saat menjalani program diet:

Buah banyak mengandung serat dan sumber vitamin, sebaiknya dimakan ketika masih segar dan utuh supaya nutrisinya masih sempurna, anda bisa berkreasi dengan menjadikannya jus buah atau sop buah atau bisa juga membuat salad,  tapi hindarilah pencampuran dengan mayonnaise karena kadarnya kalori dan lemaknya tinggi.

Sayuran banyak mengandung vitamin, kandungan seratnya mampu menunda rasa lapar sehingga sangat membatu program diet anda. Anda bisa mengolah sayuran menjadi masakan yang lezat atau menjadikannya jus. Beberapa sayuran seperti wortel atau labu cukup dimasak dengan cara dikukus, atau makan tomat yang di iris yang kandungan vit A dan vit K nya mampu menstabilkan tekanan darah.
Sebagai sumber protein anda bisa menyantap ikan, Dada ayam juga bisa anda konsumsi dalam jumlah yang wajar karena rendah lemak. Makanan lain yang efektif untuk menunda rasa lapar adalah dari jenis kacang-kacangan seperti  kacang merah, kacang kedelai, almond, kacang tanah, karena banyak mengandung serat dan protein.

Bila anda ingin makan nasi pilihlah makan nasi dari beras merah, kandungan serat dan vitamin B nya lebih tinggi dari beras puti. Namun konsumsinya jangan berlebihan karena karbohidratnya masih cukup tinggi.
Apakah Susu, Yogurt dan Keju susu harus di hilangkan dari menu diet anda? Ternyata tidak. Banyak yang beranggapan bahwa keju adalah musuh penghalang bagi kesuksesan diet. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Konsumsi keju dalam jumlah tertentu ternyata justru membantu menurunkan berat badan. Kandungan Linoleic Acid dalam keju berfungsi sebagai bahan bakar yang diperlukan dalam metabolisme tubuh.

Konsumsi keju anda tidak boleh lebih dari 100 gram per hari. Demikian juga susu, susu yang boleh anda konsumsi adalah susu yang lebih banyak proteinnya daripada karbohidratnya. Adapun  yogurt bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan dapat mengencangkan kulit.

Tips berikut sebaiknya anda perhatikan sebelum makan:

Ketika Anda ingin makan sesuatu, pikirkanlah apakah apakah anda sedang benar-benar lapar atau karena Anda sedang bosan. Jika ternyata anda sedang bosan sebaiknya tunda makan anda dan ganti dengan camilan yang sehat.

Selalu perhatikan ukuran dari setiap makanan yang hendak dimakan. Misalnya 2 buah pisang akan cukup sebagai snack. Bila kurang kenyangkan dengan air putih.

Makanlah ditempat yang nyama, jangan makan sambil nonton TV, makan sambil nonton TV dapat membuat Anda lupa terhadap porsi makan Anda.

Demikianlah Tips Menu Diet Sehat sehari-hari yang dapat anda coba di rumah, jangan lupa berolah raga yang rutin dan cukup untuk menjaga kebugaran anda. Singkirkan mengkonsumsi obat-obat yang menjanjikan keberhasilan diet secara instant, Semoga diet yang Anda berhasil sesuai harapan Anda