Beberapa orang yang telah berhasil dalam dietnya bertanya "bagaimana cara mempertahankan berat badan yang telah dicapai setelah menjalani diet sehat?

Ini adalah pertanyaan yang benar-benar baik. Setelah berminggu-minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun mengendalikan konsumsi makanan berkalori, Anda harus mengetahui apa yang harus dilakukan ketika Anda mencapai target. Tentu anda tidak bisa tetap dengan menu diet makanan tanpa kalori selamanya.

Sebagian orang yang dietnya sukses memilih untuk segera meningkatkan asupan kalori mereka, sebagian lain lebih memilih untuk melakukannya secara bertahap. Dalam banyak hal, ini adalah ide yang baik karena membantu Anda untuk mendapatkan kalori Anda secara bertahap. Sebagian ahli merekomendasikan lima-langkah berikut ini untuk mempertahankan berat badan Anda yang baru dan sehat.

Cara Mempertahankan Berat Badan

Langkah 1 Setelah Anda mencapai target, tambahkan 250 kalori sehari untuk asupan kalori harian Anda. Ini berarti jika Anda telah memiliki 1.250 kalori setiap hari, Anda seharusnya sudah memiliki 1.500 kalori per hari.

Langkah 2 Setelah seminggu, timbang berat badan Anda. Anda mungkin akan kehilangan berat badan sedikit lebih. Jika demikian, menambah 250 kalori untuk uang saku harian pekan lalu. Jadi, jika Anda sedang 1.500 kalori per hari, sekarang memiliki 1.750 kalori setiap hari.

Langkah 3 Setelah seminggu, timbang berat badan Anda lagi. Jika Anda telah kehilangan berat badan lebih, menambahkan 250 kalori ekstra untuk asupan harian Anda, misalnya dari 1.750 kalori hingga 2.000 kalori setiap hari.

Langkah 4 Setelah seminggu, jika berat badan Anda telah stabil itu jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari untuk menjaga bentuk baru langsing. Jika Anda telah mendapatkan jumlah yang kecil, turunkan asupan kalori harian Anda dengan 100 kalori, misalnya, dari 2.000 kalori menjadi 1.900 kalori setiap hari. Setelah seminggu, timbang  lagi. Jika berat badan Anda tetap sama, itulah jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari untuk mempertahankan berat badan anda. Jika berat badan Anda kembali naik atau turun, ubahlah asupan kalori harian Anda dengan 50 kalori sehari sampai berat badan Anda akhirnya stabil.

Langkah 5 Timbang berat badan Anda seminggu sekali pada skala yang biasa Anda sampai Anda yakin bahwa Anda mempertahankan berat badan yang sehat Anda.