Sebagaimana diketahui bahwa memakan buah-buahan dengan jumlah yang cukup sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan di Indonesia, buah-buahan termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna yang telah diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Selain bermanfaat untuk kesehatan konsumsi buah juga banyak dianjurkan untuk diet sebagimanan yang banyak ditulis dalam artikel-artikel tentang tips diet.

Meskipun banyak orang sudah mengetahui dan menyadari manfaat buah-buahan untuk kesehatan, namun tidak banyak yang mengetahui secara rinci manfaat apa sajakah yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Berikut ini manfaat buah-buahan untuk kesehatan:

  1. Buah nyaris tidak mengandung kolesterol. Sebagaimana diketahui, kolesterol yang berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan masala bagi tubuh kita semisal menyebabkan penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit lainnya. Buah-buahan umunya hampir tidak mengandung kolesterol, karenanya sangat baik untuk mengkonsumsi buah-buahan secara rutin dengan takaran yang seimbang.
  2. Buah mengandung berbagai vitamin dan mineral. seperti vitamin A (beta-karoten), Vitamin C dan E, fosfor, magnesium, zinc, dan asam folat. Asam folat misalnya bermanfaat untuk menurunkan kadar homosistein yaitu zat yang dapat menambah resiko penyakit jantung koroner. 
  3. Buah bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan mengolah berbagai informasi dalam otak serta mencegah resiko kepikunan (Alzheimer).
  4. Buah-buahan yang khususnya berwarna merah dan ungu memiliki banyak kandungan anthocyanins dan lycopene yang memiliki khasiat untuk mencegah dan mengobati kanker seperti tomat, strawberry dan buah merah.
  5. Konsumsi buah dapat memberi efek rasa tenang dan bahagia. Makanlah buah secara teratur maka dapat mengurangi depresi.
  6. Kandungan serat dalam buah bermanfaat untuk melancarkan air besar dan mencegah ambeien, sembelit, dan kanker kolon.
  7. Buah mampu menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang ada dalam tubuh dapat memicu penuaan dini dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Munculnya radikal bebas di dalam tubuh umumnya dipicu oleh rokokdan alkohol serta polusi dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Buah banyak mengandung anti oksidan, zat inilah yang mampu menetralisir radikal bebas tersebut
  8. Mencegah obesitas. Buah mengandung cukup banyak serat, serat yang dikonsumsi mampu memberi efek rasa kenyang yang cukup lama, sehingga dapat menunda rasa lapar.
Itulah manfaat buah-buahan, tentu dengan mengkonsumsi buah-buahan makan konsumsi makanan lain terutama junk food harus anda kurangi untuk merasakan manfaat dari buah-buahan ini.