Makan sayur mentah tanpa dimasak - Sayuran yang banyak disantap di Negeri ini umumnya sudah dimasak menjadi bermacam jenis masakan seperti sayur sop hingga sayur lode, capcay dan sebagainya. Pada sayuran tertentu, cara memasak seperti itu justru mengurangi manfaat sayuran. Inilah beberapa bukti mengenai yang disebutkan master food combining dan yoga, Erikar Lebang, di dalam karyanya 'Mitos dan Fakta Kesehatan':

1. Pada suhu tinggi enzim bisa mati
Panas melebihi 45 derajat celcius Mematikan enzim pada sayur. Panas tinggi serta lama merusak banyak mineral dan vitamin yang ada dalam sayur.

2. Sayuran yang sudah kehilangan Enzim = Tak bermanfaat Sayuran yang dimasak lama, kehilangan enzim. Akbitanya tubuh tidak merasakan manfaatnya. Malah dianggap musuh.

3. Organik lebih baik
Usahakan agar sayuran yang dikonsumsi mentah adalah orhanik. Bila tidak organik, pastikan Anda mencucinya dengan bersih memakai air yang mengalir deras. atau bisa juga direndam di dalam air sesudah ditetesi cuka apel atau dibubuhi garam.

4. Gampang Dicerna
Sayuran mentah termasuk mudah dicerna oleh tubuh.
5. Lebih Sehat
Sayuran mentah segar mempunyai PH yang hampir basa hingga dapat memicu PH darah jadi netral, sangat cocok untuk kesehatan .

6. Dapat Segera Dimanfaatkan Tubuh
Ada beberapa sel sayuran yang bersifat dan berstuktur atom serupa dengan manusia tidak rusak apabila tidak dimasak sehingga bisa langsung dipergunakan oleh tubuh.

7. Memiliki banyak Nutrisi & Enzim
Sayuran mentah memiliki banyak mineral dan nutrisi siap pakai yang dapat menghasilkan energi yang signifikan.

8. Mengurangi Bau Badan
Sayuran mentah dapat mengurangi perkara bau badan dan napas tidak sedap.

9. Membantu Menenangkan fikiran
Konsumsi Sayuran mentah dapat memperlancar produksi zat pengantar saraf serotonin sehingga dapat memberikan efek rileks dan tidak mudah panik.

10. Kualitas tidu meningkat
Makan sayuran mentah segar dapat membantu memaksimalkan produksi endorfin (hormon penenang) yang sanggup membantu waktu istirahat lebih berkualitas sewaktu tidur.