manfaat minum air putih
Sebagian orang tidak mengetahui manfaat minum air putih saat bangun tidur. Tahukah Anda bahwa minum air putih sesaat setelah bangun tidur pada pagi hari banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK, seorang speialis gizi mengatakab bahwa saat tidur tubuh kehilangan banyak air melalui penguapan. Hal ini diantaranya diakibatkan oleh aktivitas tubuh yang tidak berhenti bekerja meskipun sedang tidur. Metabolisme sel-sel dalam tubuh terus berlangsung dan air yang ada di dalam tubuh turut berperan membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah kurang lebih 6-8 jam tidur, tubuh menjadi kekurangan air. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk minum air putih saat bangun tidur di pagi hari untuk agar cairan tubuh yang hilang dapat diganti,

Jika saat bangun tidur Anda tidak minum air putih, tubuh anda juga akan kekurangan mineral yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan minum satu gelas air putih saat bangun tidur, akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran tubuh.

Tak hanya setelah bangun tidur, minum air putih juga sebaikanya dilakukan sebelum tidur. Jangan berlebihan karena minum air putih dalam jumlah yang terlalu banyak justru bisa mengganggu Anda dimalam hari karena memicu lebih sering buang air kecil, selain itu juga memiliki efek yang buruk terhadap fungsi jantung dan ginjal.

Manfaat minum air putih sangat banyak, namun Anda harus pandai memilih air yang baik untuk minum. Air yang diminum haruslah air yang bersih dan bebas kuman serta bakteri serta mengandng mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.. Selai H2O, tubuh kita juga butuh mineral (Kalium, Natrium, Klor) agar otot bisa bergerak.
Tubuh 70 persennya adalah cairan. Air dalam tubuh terus menurus dimanfaatkan oleh organ tubuh yang lain untuk menjalankan fungsinya meskipun saat tidur, Maka sangat penting untuk minum air setelah bangun tidur.