Makanan penunda rasa lapar, adakah? Ternyata tidak perlu obat-obatan untuk bisa mengontrol nafsu makan, Anda yang sedang menjalani program diet tentu merasa tersiksa jika terus menerus menahan lapar. Nah dengan mengkonsumsi makanan tertentu Rasa lapar akan tertunda sehingga anda akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. Ini tentu saja menjadikan frekuensi makan anda berkurang dan jumlah makanan anda juga berkurang. Hasilnya tentu saja berat badan akan menurun secara bertahap.

Jauhkan dari benak anda pemikiran bahwa diet hanya akan sukses jikan anda sanggup menahan rasa lapar. iru adalah konsep kuno yang sudah tidak layak diterapkan saat ini. Prinsip yang harus anda ingat betul adalah bahwa Diet adalah membatasi makanan berkalori tinggi dengan tetap mengontrol agar perut tidak kelaparan.

Inilah Makanan-makanan Penunda Lapar

Sayuran Hijau
Anda tentu sudah paham bahwa sayuran adalah makanan dengan kandungan kalori rendah, namun tahukah anda bahwa selain rendah kalori sayuran seperti asparagus, brokoli atau bayam memiliki kadar serat yang tinggi, serat inilah yang memberikan  efek rasa kenyang yang bertahan lama. Selain itu sayuran mempunyai efek termal dalam tubuh, yang berarti bahwa sayuran ini tidak menyisakan lemak dalam tubuh karena kalorinya sudah habis ketika proses pencernaan.  Sudah selayaknya bagi anda menghidangkan sayuran dalam menu diet sehat anda sehari-hari.

Kacang Kacangan
Kacang kaya akan Protein, dibandingkan yang lain  kacang mampu memberikan rasa kenyang lebih baik. ini disebabkan kandndungan serat yang tinggi pada kacang. Proses pencernaan kacang dalam tubuh memakan waktu yang lebih lama, sehingga anda tidak akan merasa lapar dalam waktu yang lebih lama ketika menyantapnya.

Buah Apel
Buah apel mengandung Pektik yang secara alami dapat menurunkan nafsu makan. Apel terkenal sebagai makanan pengganti utama bagi orang yang sedang berdiet. Kandungan serat pada apel tentunya akan membuat Anda tetap kenyang meski tanpa makanan tambahan dalam waktu yang cukup lama.

Susu rendah lemak
Susu rendah lemak adalah sumber kalsium yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurangnya asupan kalsium akan memicu tubuh untuk melepaskan senyawa calcitrol. calcitrol adalah suatu hormon dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya penimbunan lemak. Pilihlah susu rendah lemak untuk anda konsumsi, jangan konsumsi susu tinggi kalori karena justru akan memicu penimbunan lemak.

Ikan
Ikan merupakan sumber protein hewani. Ikan juga mengandung omega-3 dan asam lemak, asam lemak ini mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat metabolisme tubuh anda. Untuk mendapatkan manfaat dari ikan, pilihlah teknik memasak ikan yang baik, jangan di bakar atau digoreng tetapi masaklah dengan cara dipanggang atau di kukus, Itu lebih sehat.

Makanan penunda lapar ini haruslah dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, konsumsi yang berlebihan tidak baik untuk program diet anda.

Sumber: http://doktersehat.com